Peluang Bisnis MLM dan Cara Menjalankanya

Peluang Bisnis MLM

Bisnis Multi Level Marketing atau MLM menjadi bisnis yang cukup banyak diminati. Bisnis MLM adalah bisnis dengan strategi sistem jaringan berjenjang, yakni setiap orang termasuk konsumen dapat berperan dalam pemasaran. Setiap anggota juga bisa mengajak lebih banyak orang untuk masuk ke dalam jaringan. Karena sistem untuk bergabung mudah, bisnis MLM 2020 masih menjadi bisnis idaman.

Penting untuk diketahui sistem bisnis MLM yakni dalam setiap anggota baru harus membeli paket produk yang dijual perusahaan. Selanjutnya tiap anggota selain bertugas menjual produk juga bertugas mencari anggota baru. Begitulah sistem jaringan berjanjang hingga membentuk piramida bisnis.

Besar Peluang Bisnis MLM

Bisnis MLM di tahun 2020 ini masih menjadi bisnis incaran dengan peluang yang menjanjikan. Bisnis ini masih memiliki peluang besar untuk berkembang sebab memiliki keunggulan yang membuatnya menarik. Selain itu bisnis MLM 2020 kian mudah dengan pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran.

Berikut keunggulan bisnis MLM

  1. Bekerja di mana saja

Menjalankan bisnis MLM Anda tidak terikat ruang kerja, sebab Anda dapat memasarkan produk dari mana saja. Hal tersebut membuat peluang memasarkan produk jadi lebih luas. Selain itu bagi ibu rumah tangga tidak perlu khawatir harus meninggalkan tugas rumah terlalu lama untuk memasarkan produk.

Jika dalam bisnis pemasaran pada umumnya Anda memiliki wilayah dan waktu kerja, tidak halnya dengan menjadi anggota MLM. Anda dapat bekerja di mana saja dan mengatur waktu Anda sendiri.

  1. Pemanfaatan Media Sosial

Peluang bisnis MLM 2020 masih terbuka lebar dengan jangkauan lebih luas. Jika sebelumnya untuk mendapat member dan menjual produk harus dilakukan dengan tatap muka baik melalui gathering atau arisam, kini lebih mudah melalui sosial media. Dengan memanfaatkan sosial media Anda dapat mempromosikan produk lebih mudah.

Penggunaan media sosial juga lebih efektif menjangkau lebih banyak orang. Bahkan sekalipun dikerjakan dari rumah.

  1. Bekerja Sesuai Caramu

Menjalani bisnis MLM tidak diatur dengan standar kerja yang baku. Selain keharusan menjual produk dan mendapat anggota baru, Anda tidak diatur bagaimana cara bekerja. Menggunakan gaya dan cara sendiri dapat Anda lakukan senyaman mungkin untuk memenuhi target penjualan.

Jika Anda gemar berbicara, Anda bisa mempromosikan produk secara langsung maupun dalam video. Pun jika Anda lebih gemar mempengaruhi pembeli melalui tulisan promosi dapat Anda lakukan.

  1. Potensial Menambah Penghasilan

Bisnis MLM memberikan keuntungan sebagai tambahan penghasilan keluarga. Hal ini membuat peluang berkembangnya bisnis MLM 2020 masih dapat terus berlangsung. Sistem kerja yang fleksibel dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja dapat dikerjakan sembari mengerjakan pekerjaan lain.

Begitulah besarnya peluang berkembangnya bisnis MLM di tahun 2020 yang masih cukup menjanjikan. Namun perlu diperhatikan dalam memilih jenis dan perusahaan MLM yang akan diikuti agar tidak salah dalam memilih. Berikut tips aman memilih bisnis MLM

  1. Perusahaan MLM harus terdaftar di Asosiasi Penjual Langsung Indonesia (APLI). Sebagai bukti perusahaan MLM tersebut memenuhi persyaratan dan aturan yang ditetapkan.
  2. Pastikan perusahaan MLM berbadan hukum yang dapat dipertanggungjawabkan seperti mempunyai SIUPL dan NPWP.
  3. Perusahaan MLM memiliki produk yang diakui pasar nasional atau internasional dan memiliki jaminan kualitas atas produk.
  4. Selain memilih perusahaan MLM, pilih pula distributor MLM yang terbukti mampu berkembang secara baik.
  5. Pelajari hak serta kewajiban sebagai anggota MLM untuk memastikan tidak memberatkan saat dijalankan. Lebih baik jika upline dapat dan bersedia membantu downline.
  6. Pastikan perusahaan MLM dapat berlaku adil dalam hal pembagian keuntungan antara upline dan downline. Setiap keuntungan harus setara dengan kerja keras yang dilakukan.
  7. Keuntungan haruslah didasarkan pada jumlah penjualan yang berhasil dilakukan bukan pada patokan harga yang terlalu tinggi. Sebab dari sini dapat dilihat kualitas barang.
  8. Perusahaan MLM yang baik harusnya memiliki support center yang dapat diakses dengan mudah oleh tiap anggota.

Demikian peluang bisnis MLM di tahun 2020. Berminat bergabung dalam jaringan bisnis ini, jangan lupa memilih yang tepat.