Jasa Pembuatan Software MLM (Multi Level Marketing)

Jasa Pembuatan Software MLM

Pastinya sudah banyak yang pernah mendengar tentang bisnis MLM. Sebenarnya banyak yang mempunyai pandangan negatif dengan bisnis tersebut. Pasalnya banyak yang merasa tertipu dengan adanya bisnis MLM. Nah, pada kesempatan kali ini, akan membahas tentang MLM. Meliputi pengertian, jenis MLM dan juga jasa pembuatan software MLM.

Multilevel Marketing (MLM) merupakan sistem pemasaran yang menggunakan pelanggan sebagai jaringan distribusi. Istilah lain untuk pemasaran MLM adalah pemasaran internet, pemasaran multi generasi dan pemasaran satu tingkat. Atas dasar akar kata-katanya, multi yang berarti banyak, level yang berarti stratifikasi atau berjenjang, dan marketing yang berarti pemasaran.

MLM adalah konsep pemasaran yang memberikan konsumen atau pelanggan peluang untuk berpartisipasi sebagai penjual dan mendapat manfaat dari kemitraan mereka. Anggota yang termasuk dalam MLM disebut distributor atau mitra dagang. Kemudian, mitra bisnis mengundang orang lain untuk menjadi anggota, sehingga jaringan pelanggan atau pasar menjadi lebih luas dan semakin besar.

Ketika mitra dagang berhasil mengundang dan menambahkan anggota ke mitra bisnis. Hal tersebut akan meningkatkan omset perusahaan dan dengan demikian menghasilkan pendapatan yang lebih besar lagi. Atas dasar ini, perusahaan memberikan keuntungan kepada mitra dagang dalam bentuk insentif dalam bentuk bonus.

Perbedaan Multilevel Marketing (MLM) dengan Bisnis Konvensional

Berdasarkan penjelasan dari Clothier (1994). Ada beberapa perbedaan mendasar antara MLM dengan bisnis pada umumnya. Yaitu pada bagian armada penjualan, pembagian keuntungan dan juga cara penjualan produk.

Pada bagian armada penjualan. Dalam MLM, orang-orang yang melakukan penjualan disebut distributor, mereka mempekerjakan diri sendiri dan menjadi bos mereka sendiri. Berbeda dengan bisnis reguler, dimana arus barang harus melewati produsen, distributor / grosir, pedagang eceran, baru konsumen.

Untuk masalah pembagian keuntungan. Dalam MLM, distributor bisa mendapatkan keuntungan dengan membandingkan langsung bisnis yang mereka jalani. Berbeda dengan reguler, para penerima keuntungan adalah pemilik dan direktur berbagai perusahaan distribusi. Tenaga penjual di toko ritel jarang mendapat manfaat dari itu, terlepas dari upaya dan keunggulan mereka.

Untuk sektor penjualan produk. Semua penjualan MLM dilakukan melalui penjualan langsung. Berbeda dengan bisnis konvensional yang menjual barang-barang konsumen melalui toko, katalog, dan surat.

Jenis Multilevel Marketing (MLM)

Terdapat tiga jenis MLM yang sering digunakan di Indonesia. Sistem Binary plan, Sistem Matrix dan juga Sistem Break Away.

  1. Sistem Binary Plan

Sistem binary plan hanya memprioritaskan pengembangan jaringan dalam dua leg dan memprioritaskan keseimbangan jaringan. Semakin seimbang jaringan dan bisnis di perusahaan MLM, semakin besar bonusnya. Secara umum, perusahaan yang menggunakan sistem Binary Plan mengembangkan jaringan dengan sangat cepat. Mitra-mitranya dengan cepat menerima bonus atau keuntungan  yang besar.

Sistem ini biasanya akan membawa banyak keuntungan di awal karir saja, karena sangat mudah untuk mendorong bisnis MLM untuk menjalankan sistem binary. Akan tetapi kenyataan dari sistem binary ini adalah bahwa penerima keuntungan paling banyak adalah mitra yang bergabung sejak awal.

  1. Sistem Matrix

Pengembangan jaringan sistem matrix hanya menggunakan konsep tiga frontline saja. Jenis sistem ini tampaknya dihadirkan untuk mengungguli sistem binary yang dianggap sebagai permainan uang.

  1. Sistem Break Away

Pengembangan sistem jaringan ini mengutamakan kelebaran. Ketika forntline semakin banyak, semakin banyak pula bonus yang akan didapatkan. Tetapi kerugiannya adalah bahwa agen harus mengurus semuanya sendiri. Sistem ini juga memungkinkan upline dapat dilebihi keuntungannya oleh downline. Bonus yang diterima oleh mitra biasanya kecil di awal, tetapi tinggi di atas.

Gunakan Software untuk Mempermudah Bisnis MLM

Semakin banyak rekan yang ikut dengan bisnis MLM yang Anda jalankan, akan semakin bagus juga prospek keuntungan dari bisnis MLM Anda. Terlebih lagi jika di support dengan software atau aplikasi yang dapat mempermudah jalannya bisnis MLM yang Anda jalankan. Anda dapat menggunakan jasa pembuatan software MLM untuk membuat software yang Anda inginkan.

Bicara soal software untuk bisnis MLM, Anda dapat memanfaatkan perusahaan jasa pembuatan software MLM yang dikerjakan oleh Esoftdream. Esoftdream merupakan perusahaan yang bekerja dalam pengembangan software MLM yang dapat menjadi jawaban atas kegelisahan Anda untuk men cari software untuk bisnis MLM Anda.

Dengan menggunakan jasa pembuatan software MLM dari Esoftdream. Anda juga bisa melakukan konsultasi secara gratis tentang bisnis MLM yang Anda jalankan. Selain itu, tenaga ahli yang dipekerjakan oleh Esoftdream merupakan orang-orang profesional dibidangnya. Sudah saatnya untuk membuat perubahan dengan bisnis multilevel marketing.