Rahasia Bisnis MLM agar Semakin Sukses dengan Cepat

Rahasia Bisnis MLM agar Semakin Sukses dengan Cepat

Anda mungkin masih bertanya-tanya mengenai rahasia bisnis MLM. Fenomena saat ini cukup mengagumkan, bagaimana para pelaku usaha jaringan ini bisa menjadi orang kaya dadakan. Perubahan nyata seringkali terjadi dalam kehidupan pelaku bisnis tersebut.

Dalam waktu kurang dari 10 tahun, mereka bisa memiliki aset hingga senilai miliaran rupiah. Ditambah lagi bisa melakukan perjalanan keluar negeri selama beberapa kali dalam setahun. Kemudian memiliki rumah dan mobil mewah dengan cara cepat.

Para pelaku bisnis jaringan yang terbukti berhasil biasanya akan terlihat menonjol dalam lingkungan pergaulan. Sering menjadi pembicara dalam berbagai seminar usaha. Seseorang bisa menjadi begitu terkenal dengan tiba-tiba, karena tahu rahasia bisnis MLM yang sesungguhnya.

Disamping itu, hal tersebut bisa terjadi karena prestasinya dalam berusaha. Pencapaian para pelaku bisnis tersebut tentu membuat banyak kalangan penasaran. Apa yang dilakukan dalam perjalanan bisnis hingga bisa mendapatkan semua keuntungan seperti itu?

4 Rahasia Bisnis MLM Agar Semakin Sukses

Tidak dapat dipungkiri bila ada banyak juga yang gagal dan berhenti menjalankan bisnis MLM. Perusahaan sama, sistem kerja sama, pembayaran sama, bonus sama, namun ada yang berhasil dan tidak. Jika ingin bisa berhasil, ini rahasianya!

  1. Berperan sebagai katalog berjalan

Apapun barang yang dijual oleh perusahaan, usahakan Anda juga harus menggunakannya. Ini akan meningkatkan kepercayaan calon konsumen ketika melihat Anda juga memakai produknya. Anda sebagai tenaga pemasar menjadi tolok ukur dari kualitas produk perusahaan tersebut.

Misalnya saja untuk bisnis MLM produk skincare. Anda wajib menggunakan produk tersebut. Karena dengan melakukannya maka pada saat promosi berlangsung, Anda akan terlihat lebih meyakinkan. Dengan kata lain, member adalah katalog berjalan.

Di mana setiap member bertugas untuk melakukan promosi secara langsung kepada calon pembeli. Dengan melihat hasil nyata setelah Anda menggunakannya, otomatis itu akan membuat calon pembeli langsung terpikat. Karena mereka ingin mendapat hasil yang sama.

  1. Bangun engagement dengan downline

Mayoritas bisnis MLM yang ada di Indonesia mengharuskan member merekrut calon member baru. Jika Anda ingin sukses dengan cepat, jangan sekedar merekrut orang baru saja. Masih ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan supaya sukses.

Yaitu, Anda juga harus membina calon member baru sekaligus mendampingi dan mempererat kedekatan bersama mereka. Karena saat downline mulai percaya pada Anda, hal tersebut akan membuat Anda lebih mudah memberikan arahan kepada mereka.

Tujuan bisnis berupa keuntungan, bonus, mungkin juga karir akan lebih mudah tercapai bila Anda menggunakan cara ini. Untuk itu, Anda harus memilih calon downline yang berkualitas sebelumnya. Sehingga tujuan yang ingin dicapai bisa mudah diraih.

  1. Amati cara sukses leader

Rahasia bisnis MLM yang ketiga adalah mengamati cara kerja leader sebelumnya. Jangan hanya mengagumi pencapaian para leadernya saja. Anda juga harus memasang target agar minimal mendapat prestasi yang sama seperti para leader sebelumnya.

Tentu tidak semua cara kerja bisa kita terapkan. Ambil apa yang sesuai dengan kapasitas diri, kemudian modifikasi untuk target baru. Tidak perlu meniru sama persis dengan apa yang sudah dikerjakan.

  1. Layanan purna jual

Menurut Philip Kotler, 2002, purna jual adalah layanan dari perusahaan kepada konsumen setelah transaksi. Artinya, penjualan tidak selesai setelah pembayaran dari konsumen. Penjual perlu memastikan konsumen puas menggunakan produk.

Yang pasti, dalam menjalankan bisnis jaringan akan selalu berhubungan dengan orang lain. Kita tentu membutuhkan loyalitas konsumen agar penjualan bisa terus berkesinambungan. Menjaga kepercayaan konsumen merupakan rahasia bisnis MLM yang sangat penting.