Jumlah Komisi Yang Diberikan Penjual Langsung, Menurut Permendag

Jumlah Komisi Yang Diberikan Penjual Langsung, Menurut Permendag

Perhitungan bonus dan atau komisi sesungguhnya merupakan hak Perusahaan. Namun, guna untuk menunjukan transparansi. Pemerintah memberikan jumlah maksimum yang diberikan kepada Penjual Langsung.

Sesuai yang tertulis pada Permendag No. 70 Tahun 2019. Pasal 16, mengatakan “Perusahaan memberikan Komisi dan/atau Bonus kepada Penjual Langsung sesuai dengan yang diperjanjikan.”

Namun, mengenai persentase maksimumnya diterangkan lagi pada Pasal 17, yaitu “Jumlah Komisi dan/atau Bonus yang diberikan kepada Penjual Langsung sebagaimana dimaksud pada Pasal 16 paling banyak 40% (empat puluh persen) dari omzet Perusahaan”.

Menarik sekali membahas hal ini, sebab diluaran sana, kadang kala Penjual Langsung. Menawarkan kepada calon konsumen, bila membeli produk tertentu akan mendapatkan komisi hingga 80% (delapan puluh  persen).

Tentu hal ini sangat menggiurkan, apalagi calon konsumen juga membutuhkan cepat balik modal. Padahal disini, pemerintah menjelaskan bahwa komisi atau bonus hanya diberikan maksimal 40% tidak lebih.

Sementara, apakah perhitungan tersebut sudah termasuk cost production (biaya produksi). Atau bagaimana dengan biaya operasional sehari-hari dalam proses produksi dan distribusi. Tentu semua itu sudah dipikirkan oleh manajemen Perusahaan, namun orang awam tidak mengetahui hal itu.

Dengan membeli produk tertentu seharga Rp 600.000, kemudian menjual kembali Rp 700.000. Akan memperoleh keuntungan Rp 100.000 plus komisi 80% (hanya contoh) dari Rp 600.000. Tentu akan mendapat keuntungan Rp 100.000 + Rp 480.000 = Rp 580.000 per produk.

Andai saja demikian. Namun, sayangnya itu hanyalah contoh untuk membuat konsumen tergiur untuk gabung atau menjadi Penjual Langsung. Dengan adanya regulasi yang jelas, pemerintah pada dasarnya melindungi konsumen, penjual langsung, dan perusahaan.

Di kemudian hari, mungkin saja ada orang-orang yang memiliki niat tidak baik. Untuk menjelekkan nama perusahaan, dengan melakukan perbuatan curang. Sekali lagi, tentu saja semua orang ingin cepat sukses dan berhasil.

amun, dengan adanya aturan ini maka Perusahaan sedikit bernafas lega. Karena selain mereka dengan jelas dilindungi aturan. Sekaligus, dapat memiliki dasar untuk membuat tindakan terhadap pelaku kecurangan.

Perhitungan Jumlah Komisi Harus Jelas

Ya. Ini sangat penting dijelaskan di awal, pada saat pemberian starter kit pada anggota (Penjual Langsung). Dari awal mereka harus ditanamkan, berapa bonus yang akan mereka dapatkan bila menjual produk tertentu.

Bagaimana mereka menjual produk tersebut agar laku dan memperoleh keuntungan. Semua harus jelas tertulis di rencana pemasaran. Sebagai perusahaan, Anda wajib memperhatikan hal fundamental ini.

Sebab, perhitungan komisi sangatlah sensitif, karena ini alasannya langsung dengan upaya. Atau kerja keras dari Penjual Langsung dalam memperoleh hasil dari kerja kerasnya. Mereka adalah orang lapangan, yang bertugas memasarkan produk.

Tentu saja tanpa mereka, produk yang dipasarkan akan sulit terjual, untuk itu. Buatlah sebuah sistem yang jelas, transparan, dalam perhitungan komisi. Di era sistem digital seperti sekarang ini, penting sekali perusahaan Penjualan Langsung memiliki software.

Ada beragam jenis software MLM, salah satunya Sistem Binary. Dimana komisi yang biasanya ada pada sistem binary antara lain, komisi sponsor, komisi pairing, komisi generasi, dan komisi reward.

Dengan adanya sistem yang jelas, transparan, online (dapat diakses kapanpun, dimanapun). Akan membuat Penjual Langsung merasa nyaman, tidak perlu memikirkan masalah perhitungan bonus.

Karena sudah ada sistem atau software yang jelas, sehingga mereka dapat fokus menjual produk. Untuk membuat sistem seperti ini tentu saja tidak mudah, perusahaan harus memiliki Programmer.

Yang kemudian dapat meningkatkan biaya produksi perusahaan, belum lagi trial & error yang memerlukan waktu lama. Anda tidak perlu bingung dengan hal itu, kami siap membuat Software yang tepat untuk perusahaan Anda.

Semua sudah siap, jelas, dan kami memiliki tim developer yang selalu siap 24/7 untuk mengawasi sistem. Selebihnya, sebagai perusahaan, Anda bisa fokus melihat peluang, mengembangkan produk supaya lebih baik, dan ekspansi.

Sekarang jadi lebih mudah, dengan kami Esoftdream, siap membuat software untuk perhitungan jumlah komis, membership, sistem jaringan, dan kebutuhan software development lainnya.